Entri Populer

Minggu, 26 Desember 2010

YAHOO! MESSENGER SEBAGAI MEDIA BELAJAR ONLINE

Dalam dunia internet tentu tidak asing bagi kita untuk mendengar istilah Yahoo Messenger. Bahkan sebagian dari kita telah sering menggunakannya untuk berkomunikasi. Namun mungkin ada yang dari kalian sudah pernah mendengar istilah Yahoo Messenger (YM) tapi tidak tahu fungsinya bahkan tidak tahu sama sekali “APA ITU YM ????”
            Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program  pengirim pesan instan  populer yang disediakan oleh  Yahoo!. .
Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
            Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006. Pada Februari 2009, versi terbaru Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows adalah 9.0.0.2136.
            Sebelum kita membahas peran YM sebagai media pembelajaran online, ada kalanya kita harus tahu bagaimana cara menjalankan YM.

A.     BAGAIMANA CARA MENDOWNLOAD  YM??
            Cara men-download Yahoo! Messenger:
1.   Buka halaman Yahoo! Messenger download.
2.   Klik Download Sekarang dan ikuti perintahnya.



B.     CARA SIGN IN YM:
1.      Klik tombol Start Windows.
2.      Pilih Programs.
3.      Pilih Yahoo! Messenger. Yahoo! Messenger akan terbuka.
4.      Masukkan Yahoo! ID dan kata sandi Anda.
5.      Jika ada lebih dari satu orang yang akan menggunakan Yahoo! Messenger pada komputer ini, kosongkan opsi kotak centang untuk Ingat ID Kata sandi saya. (Selanjutnya, Yahoo! Messenger akan meminta Yahoo! ID dan kata sandi setiap kali messenger dijalankan.)
6.      Klik Sign In.
Catatan: Jika Anda tidak memiliki Yahoo! ID, klik tombol Dapatkan Yahoo! ID untuk membuat account Yahoo! gratis.

C.     CARA MENAMBAHKAN KONTAK:
1.        Klik Tambah Kontak di bagian bawah jendela Yahoo! Messenger. (Anda juga dapat mengklik Kontak dan pilih Tambah kontak.)
2.        Masukkan alamat Yahoo! ID atau Yahoo! Mail untuk kontak yang ingin Anda tambahkan. Jika Anda tidak tahu alamat Yahoo! ID or Yahoo! Mail kontak, gunakan alamat email mereka. (Selanjutnya, mereka akan menerima undangan email.)
3.        Klik Berikutnya.
4.        Pilih grup yang ingin Anda tambahi kontak ini. ("Teman," grup default, menambahkan nama itu ke Daftar Messenger utama.) Anda juga dapat menambahkan pesan jika dikehendaki, jadi mereka tahu siapa Anda.
5.        Klik Selesai.
            Catatan: Kontak secara otomatis diberitahu dan diberikan pilihan untuk  mengizinkan atau menolak permintaan Anda untuk menambahkan namanya. Jika kontak menolak permintaan Anda, nama kontak itu tidak akan muncul dalam Daftar Messenger Anda.

D.    BAGAIMANA MEMASUKI RUANG CHAT:
1.      Sign in ke Yahoo! Messenger.
2.      Pilih Messenger dari bar menu.
3.      Pilih Yahoo! Chat dari menu drop down.
4.      Klik Gabung ke Ruangan.
5.      Pilih alias dari menu drop down yang berlabel Masuk ruang Chat sebagai.
6.      Pilih kategori di sebelah kiri dan ruang di sebelah kanan.
7.      Klik dua kali nama ruang yang ingin Anda masuki.
8.      Setelah memilih ruang chat, Anda akan dibawa ke jendela ruang chat dan Anda akan melihat Yahoo! ID atau alias Anda dicantumkan beserta Administrator Chat Messenger. Anda tidak akan melihat siapa pun yang tercantum di ruang chat sampai Anda berhasil melalui proses verifikasi. Untuk melakukan ini, Anda harus memasukkan kode verifikasi yang diberikan di jendela ruang chat. Setelah memverifikasi kode, Anda akan masuk ke dalam ruang chat yang Anda pilih.

E.      CARA CHATTING DI YAHOO MESSENGER MENGGUNAKAN WEB
                        Jika  di komputer  yang anda tempati tidak ada software yahoo messenger, atau saat itu software YM-nya bermasalah. Maka salah satu cara agar anda bisa chat dengan teman anda maka anda bisa menggunakan layanan chat via web yahoo messenger

           §      Kelemahan dari chat di yahoo messenger melalui web, adalah:
1.      Anda hanya bisa chat dengan teman-teman yan terdaftar di contact (list messenger) anda.
2.      Emoticon, audible, dan toolbar customize lainnya tidak muncul
3.      Kecepatan loadingnya lebih lambat dibanding jika menggunakan software Yahoo messenger dll

§      Keuntungannya:Jika menggunakan software yang terinstall di komputer:
1.      Chatting di yahoo messenger anda bisa join ke room dan bebas mencari teman untuk chat.
2.      Masalah sign in error jarang terjadi dll

                        Persamaannya adalah keduanya merupakan layanan chat (chatting) gratis. Sebagai catatan: masing-masing punya kelemahan dan kelebihan. Untuk mencoba chat melalui web bisa gunakan link yahoo messenger via web
                     
 *   PERAN YM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN:
   Peruntukkan utama dari YM adalah sebagai media komunikasi via chatting. Dengan YM, seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat berbeda tetapi dengan syarat terdapat 2 buah komputer yang terkoneksi dengan internet. Dari segi pembelajaran hal ini tentu saja sangat membantu. Dosen ataupun guru tidak harus pergi ke tempat siswa tersebut untuk memberikan materi pembelajaran, tetapi cukup dengan duduk di depan komputer, dan kemudian berkomunikasi dengan siswa. Untuk bisa salah komunikasi tentulah siswa itu sendiri juga harus mempunyai id YM dan juga harus posisi online. Maka setelah masing-masing login proses belajar mengajar pun bisa dilakukan.
   Selain itu melalui YM pula bisa dilakukan proses transfer data. Misalnya guru ingin memberikan soft copy tentang materi pembelajaran kepada siswa, tidak harus melalui tatap muka langsung. Guru cukup mengklik tanda klip kertas yang ada di bagian bawah dari jendela percakapan, kemudian browse tempat menyimpan file dan kemudian upload. Dan tinggal menunggu dari siswa untuk menerima file tersebut.
   Fasilitas lain yang dimiliki oleh YM adalah fasilitas teleconference (panggilan suara dan video). Dengan YM. guru bisa berinteraksi dengan murid seperti bertatap muka langsung. Tetapi sebelumnya computer yang digunakan oleh guru dan murid tersebut haruslah terdapat soundcard dan juga tersedia perangkat web cam beserta dengan headset yang berisi microphone. Namun untuk YM versi di bawah 10 fasilitas ini tidak dapat digunakan, jadi haruslah di download terlebih dahulu YM versi 10 ke atas. Dengan teknologi teleconference guru bisa menyampaikan materi via internet seperti sedang bertatap muka langsung. Guru bisa memberikan penjelasan layaknya seperti sedang di kelas, bertatap muka langsung dengan murid. Dengan demikian proses belajar mengajar tidak lagi terkendala dengan ketidak hadiran guru di tempat.
   Jadi dengan kata lain melalui YM kendala jarak dan waktu yang sering menjadi penghalang antara guru dan murid bisa terselesaikan. Misalnya guru berada di luar kota, nah dengan bantuan YM guru bisa memberikan materi pembelajarannya kepada siswa secara personal yang nantinya akan disebarluaskan kepada siswa lain untuk dipelajari. Dan terakhir untuk memperoleh software YM tidaklah harus membayar, namun cukup di download melalui situs yahoo, secara GRATIS, tetapi sebelumnya siswa maupun guru harus mempunyai account di yahoo (misalnya: e-mail).

SUMBER-SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran sangat diharapkan demi kemajuan Blog ini. :)